Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Tanah

July 8th, 2011 no comment

faktor harga tanahTanah memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dan tak pernah sepi peminat. Tetapi tanah juga memiliki standart harga yang tidak selalu stabil. Tetapi secara umum, trend harga tanah cenderung terus meningkat. Dan juga diketahui bahwa beberapa hal yang mempengaruhi harga tanah di setiap wilayah berbeda-beda dan sering bersifat lokal.

Nilai ekonomis.

Harga tanah di daerah perkotaan misalnya, tentu akan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda dengan harga tanah di daerah kabupaten atau di daerah perkebunan. Salah satu hal yang mempengaruhi harga tanah di perkotaan adalah tujuan penggunaan lahan tanah itu sendiri. Jika diperkirakan penggunaan bangunan di atas tanah tersebut memiliki nilai bisnis yang berhasil maka ini akan mendongkrak harga jual tanah menjadi lebih tinggi. Faktor ini juga banyak membuat pemilik tanah di perkotaan memilih untuk menyewakan tanah beserta bangunan di atasnya dari pada menjualnya.

Prospek bisnis yang baik membuat pemilik tanah memperoleh pemasukkan rutin tetapi juga tetap memiliki aset properti dengan nilai jual yang terus meningkat. Di sisi lain jumlah pembeli di perkotan terus meningkat, yang pada akhirnya menyebabkan jumlah permintaan lebih besar dari pada pesediaan dan membuat harga tanah meningkat. Nilai tanah di daerah perkotaan juga sangat dipengaruhi oleh letak geografis tanah tersebut.

Jika dikaitkan dengan prinsip tata letak serta perkembangan kota, maka harga tanah dipengaruhi oleh kemudahannya dalam akses transportasi serta fasilitas lainnya seperti jaringan listrik, komunikasi, air, lingkungan publik seperti perkantoran, rumah sakit, pertokoan serta sekolah atau kampus. Sementara di pedesaan atau perkebunan yang menggantungkan pertumbuhan ekonomi pada aspek agrikultur, harga tanah cenderung dipengaruhi oleh takaran manfaat tanah dalam pertanian. Tanah yang memiliki kemudahan akses air, transportasi dan kesuburan dinilai memiliki potensi pertanian yang lebih baik, serta bernilai jual lebih tinggi.

Legalitas.

Kemudahan birokrasi pemerintah daerah dalam memberikan ijin penggunaan tanah juga turut mempengaruhi harga tanah. Di daerah kota, ijin pemanfaatan tanah terkait erat dengan kebijakan pemerintah dalam penataan kota. Ada beberapa pemerintah daerah yang memberikan batasan perijinan tertentu pada jenis bangunan yang akan didirikan di atas tanah tersebut. Kemudahan birokrasi dalam memperoleh ijin penggunaan tanah akan meningkatkan minat pembeli, maka harga tanah pun ikut meningkat. Terkait dengan itu, kebijakan pemerintah dalam penetapan tarif pajak tanah di setiap daerah juga mempengaruhi. Jika pajak tanah cukup tinggi, sering kali hal ini justru menyebabkan calon pembeli membuat pilihan lain.

Keamanan.

Keamanan lokasi di mana tanah berada juga menjadi hal yang mempengaruhi harga tanah. Tanah murah sering terdapat pada daerah yang memiliki lingkungan yang buruk, seperti daerah rawan kejahatan, kerusakan moral serta rawan banjir. Selain itu keamanan dari sisi hukum juga mempengaruhi harga tanah, misalnya tanah murah dapat disebabkan karena memiliki riwayat sengketa hukum.

Leave A Comment

All fields marked with "*" are required.





Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>