Dasar-Dasar Feng Shui untuk Ruang Tamu

March 26th, 2011 no comment

fengshui ruang tamuRuang tamu merupakan salah satu ruangan yang sangat penting dalam rumah. Keberadaannya menjadi gerbang utama bagi rumah, bisa menentukan apakah pengaruh dari luar bisa masuk ke dalam rumah atau tidak. Selain itu, ruangan yang kadang dipakai sebagai ruang keluarga ini juga bisa menciptakan kesan pertama bagi tamu terhadap rumah kita, sehingga diperlukan penataan yang baik bagi ruang tamu.

Dalam feng shui, ruang tamu itu harus terang. Ini merupakan dasar feng shui ruang tamu yang utama dan ditujukan agar aliran energi positif yang masuk ke rumah itu lancar. Jika ruang tamu gelap, maka aliran energi positif yang membawa kebahagiaan, keharmonisan serta keberuntungan akan terhalang.

Selain itu, penerapan feng shui ruang tamu juga memperhatikan pengaturan ruang tamu. Lokasi ruang tamu hendaknya berada di depan atau tengah-tengah rumah. Penempatan benda-benda ataupun peralatan tidak boleh sembarangan. Setiap ruang tamu pasti mempunyai kursi, penempatannya harus disesuaikan agar langsung terlihat begitu memasuki pintu. Hal ini bertujuan untuk memberi kesan ramah pada tamu. Pengaturan kursi-kursi juga tidak boleh sembarangan, harus membentuk segi delapan atau kalau bisa membentuk lingkaran.

Sama halnya dengan penempatan peralatan atau furnitur rumah lainnya. Usahakan furnitur bisa menghadap ke pintu sehingga bisa langsung melihat siapapun yang masuk ke rumah. Jangan meletakan di depan jendela ataupun menghalangi pintu masuk karena bisa menghalangi energi positif yang akan masuk ke dalam rumah.

Setelah penempatan furniture dan pengaturan ruang, pemilik perlu meletakan barang-barang tertentu dalam ruang tamu. Sesuai dengan feng shui rumah, cermin merupakan salah satu unsur penting untuk penyebaran aliran energi positif dalam rumah. Letakanlah cermin di ruang tamu, namun jangan menghadap ke area tertentu seperti pintu masuk, tangga serta toilet.

Selain cermin, pemilik rumah bisa menempatkan sebuah akuarium dalam ruang tamu. Akuarium mengandung unsur air, yang memberi rasa segar pada tamu. Selain itu, pergerakan ikan dipercaya mempunyai nilai lebih karena bisa memperlancar aliran energi. Untuk pemilihan ikan, ikan mas sangat tepat diletakan di ruang tamu.

Benda lain yang bisa diletakan di ruang tamu adalah lonceng. Lonceng merupakan lambang dari kesehatan. Dengan meletakan lonceng, maka kita juga mengharapkan kesehatan bagi tamu. Lonceng juga bisa menarik kemakmuran, memperbanyak teman-teman baik serta kebahagiaan. Agar tidak mencolok, pemilik rumah dapat menempatkan gantungan yang berisi lonceng, yang akan berbunyi jika ada tamu.

Selain hal-hal di atas, penempatan barang berdasarkan keras lembutnya juga bisa menentukan keharmonisan sebuah ruang tamu. Energi yin dan yang harus seimbang, sehingga tidak terjadi ketimpangan.

Leave A Comment

All fields marked with "*" are required.





Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>