Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Kayu

March 5th, 2011 no comment

Rumah adalah tempat di mana kita melepas penat dan lelah setelah seharian bekerja di tempat kerja. Di samping itu rumah juga merupakan arena berkumpul dengan anggota keluarga. Untuk itu desain rumah harus dibuat sedemikian menarik sehingga akan membuat betah penghuninya. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam rumah adalah dengan mendesain lantai menarik.

Saat ini bahan yang dipakai sebagai lantai rumah beraneka ragam, dan saat ini yang mulai banyak peminatnya adalah lantai rumah yang berbahan dasar kayu. Lantai rumah yang berbahan dasar kayu ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan lantai rumah berbahan lain. Tapi jangan dilupakan juga mengenai kekurangan-kekurangan dari lantai kayu ini sehingga nanti kita akan lebih bijaksana dalam menentukan pilihan.

Untuk lebih jelasnya mengenai lantai rumah yang berbahan kayu berikut akan kita uraikan kelebihan dan kekurangan dari pemakaian lantai kayu.

Kelebihan lantai Kayu

  1. Memunculkan Kesan Alami. Dengan pemakaian lantai dari bahan kayu kesan alami dan natural dalam rumah akan tercipta. Bagi yang menyukai suasana alam pemakaian lantai kayu ini bisa menimbulkan kesan mendalam sehingga dia akan merasa betah berada di dalam rumah. Disamping itu motif pada kayu yang beraneka ragam menjadikan kita lebih leluasa dalam memilih motif yang sesuai dengan desain interior ruangan dalam rumah kita.
  2. Membuat Ruangan Menjadi hangat. Kelebihan lantai kayu akan membuat ruangan menjadi hangat meskipun pada musim dingin atau musin penghujan. Karena sifat dari kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari yang selanjutnya akan digunakan untuk menghangatkan udara pada malam hari.

Kekurangan Lantai Kayu

  1. Mudah Keropos. Lantai kayu yang kurang mendapatkan perlakuan khusus saat akan dipasang terutama penanggulangan terhadap rayap, maka setelah dipasang di lantai beberapa lama pasti akan mengalami keropos yang disebabkan oleh rayap ataupun oleh kelembapannya. kelembapan akan berpengaruh terhadap kayu, kayu menjadi mudah lapuk dan menimbulkan bau yang kurang sedap.
  2. Lantai Memuai. Kekurangan lantai kayu yang lain yaitu sifat dari kayu yang bisa memuai ataupun menyusut saat terjadi perubahan suhu yang drastis. Jika lantai kayu mengalami pemuaian maka akan menjadikan lantai tidak rata dan tidak nyaman.
  3. Susah Dibersihkan. Lantai kayu jika terkena noda dari tinta atau cat maka unutk membersihkannya akan sedikit mengalami kesulitan. karena sifat dari cairan tinta ataupun cat tersebut akan meresap ke dalam kayu selanjutnya menyatu dengan kayu. selain itu lantai kayu yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang penyakit dan bakteri yang bisa bersembunyi di sela-sela serat kayu.

Leave A Comment

All fields marked with "*" are required.





Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>