Panduan Singkat Menata Interior Ruang Tamu

January 6th, 2011 no comment

Rumah kita terdiri dari beragam ruang. Masing-masing ruang memiliki fungsi tersendiri sehingga tentu saja membutuhkan penataan khusus. Untuk menata ruangan dalam rumah kita sehingga nyaman untuk ditinggali, ada baiknya jika kita khusus mendatangkan profesional di bidang design interior.

Ruang tamu adalah salah satu tempat terpenting yang harus Anda pikirkan. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang design interior walaupun hanya sedikit, beberapa tips berikut ini akan cukup membantu.

  1. Mengingat fungsi utama ruang tamu, pastikan bahwa tempat tersebut berfungsi dengan baik untuk menerima tamu. Hal yang perlu diingat adalah seberapa sering Anda menerima tamu. Tipe tamu juga menentukan jenis perabot yang akan dipakai di ruang ini. Jika Anda banyak menerima tamu yang kemungkinan jam bertamu mereka cukup lama, menggunakan kursi tamu yang nyaman seperti sejenis sofa akan sangat bagus.
  2. Mengingat ruang ini berada di depan, tidak ada salahnya jika kita berpikir bahwa ruang ini adalah etalasi keluarga kita. di ruang tamu inilah semua tamu akan mendapatkan sambutan hangat dari keluarga kita. Untuk menopang suasana hangat, pastikan ruang tersebut menggunakan warna cerah. Warna cerah akan mengangkat atmosfir ruang menjadi sangat positif dan nyaman untuk tamu.
  3. Tata lampu akan memberi pengaruh pada atmosfer di ruang ini. Anda bisa menambahkan beberapa buah lampu hias di dalam ruang tersebut. Satu lampu hias utama bisa diletakkan di tengah ruangan sebagai pusat desain di rumah itu. Beberapa lampu hias kecil bisa diletakkan di dinding untuk pemanis. Sebagian orang memilih menggunakan downlight untuk menambah kesan minimalis modern pada ruangan tersebut, sementara sebagian orang memilih lampu hias dengan suasana etnik atau tradisional.
  4. Anda bisa menambahkan beberapa elemen interior rumah untuk menyempurnakan desain yang sudah ada. Menambahkan beberapa asesoris di dinding akan membuat ruangan tampak lengkap. Foto keluarga dalam ukuran cukup besar dapat dipampangkan pada dinding utama ruangan ini. Beberapa foto momen-momen khusus dari keluarga juga menarik untuk ditambahkan seperti foto anak, foto keluarga dan banyak lagi.
  5. Penambahan perabot tambahan bisa menjadi pilihan guna memperlengkap nuansi interior rumah. Perabot semacam rak buku khusus dengan beberapa tempat hiasan cukup menarik untuk ditambahkan. Beberapa keluarga juga memiliki lemari khusus suvenir-suvenir kunjungan ke berbagai tempat wisata.

Hal terpenting dalam membuat dan mendesain interior rumah secara sempurna adalah mempertimbangkan kesesuaian antara desain interior ruangan dengan rumah. Tentu, rumah dengan nuansa minimalis akan sangat tidak tepat jika dipadu dengan perabot dengan nuansa minimalis juga. Kesesuaian antar elemen desian merupakan hal terpenting yang harus selalu dimiliki oleh sebuah ruang sehingga pemilik ruang dan pengunjung dapat menikmati kenyamanan ruang tersebut.

Leave A Comment

All fields marked with "*" are required.





Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>